Cara Membuat garam dapur

Friday, March 4th, 2016 - Food
Cara Membuat garam dapur

Cara Membuat garam dapur

Cara Membuat garam dapur, Garam adalah salah satu bumbu dapur yang penting fungsinya sebagai penambah rasa, garam adalah mineral yang terdiri atas Natrium dan Khlor, yang membentuk kristal dan bersenyawa menjadi Natrium Klorida (NaCl), Kebanyakan Cara Membuat garam dapur atau proses pembuatan garam dapur di Indonesia masih dilakukan dengan tradisional. Para petani garam kebanyakan mendapatkan bahan garam yaitu dari air laut, untuk cara membuat garam dapur mereka melakukan proses pembuatan garam dapur secara individu dan kemudia mengumpulkannya dalam bentuk garam krosok atau garam yang masih berbentuk kristal besar tanpa yodium, ke beberapa pabrik besar untuk dilakukan proses pemberian yodium dan pengemasan.

Cara Membuat garam dapur dengan Proses Tradisional
Secara umum, proses pembuatan garam dapur adalah dengan mengumpulkan air laut ke suatu kolam seperti tambak di tepi pantai. Kemudian dengan bantuan sinar matahari, air laut itu akan diuapkan hingga kristal NaCl-nya tertinggal di tambak. Kemudian para petani garam, kristal kristal tersebut dikumpulkan, dicuci ulang agar bersih, lalu dijemur kembali. Proses pencucian pada garam dapur yang menghasilkan butiran2 kecil dan pemurniannya tersebut setelah dikumpulkan dari laut, terjadi berulang kali hingga kotorannya benar-benar hilang. Cara Membuat garam dapur berbeda dengan proses pembuatan garam dapur yang digunakan untuk industri lain, biasanya masih berupa garam krosok yang butiran2nya besar.

Manfaat Garam bagi kehidupan
Selain sebagai salah satu penambah cita rasa makanan, garam juga bermanfaat karena senyawa Natriumnya juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga asam basa dalam sel agar kegiatan sel tubuh berlangsung normal. Selain itu, yodium yang dicampurkan dalam garam dapur menambah kecerdasan otak. Garam juga dapat dijadikan pengawet makanan, seperti yang digunakan pada ikan asin. Juga sering digunakan oleh ibu-ibu sebagai penghilang pahit dan pengempuk pada sayur Pare, labu siam atau manisah, dan juga penghilang gatal pada buah Nanas yang dikonsumsi. Konsumsi garam yang berlebihan juga tidak baik, sebab ia mampu meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan darah tinggi. Untuk itu, jika Anda hobi menyantap ikan asin, maka sebaiknya rendam ikan asin mentah dalam air terlebih dahulu agar kandungan garamnya berkurang.

Tips dalam penggunaan garam di rumah adalah bedakan garam meja dengan garam untuk masak. Gunakanlah garam meja yang khusus dengan butiran kecil, sebab pemurniannya sudah dilakukan beberapa kali, jadi aman dikonsumsi langsung. Garam untuk masak dapat digunakan garam yang agak kasar, dan perhatikan kandungan yodiumnya. Karena Cara Membuat garam dapur yang baik pastinya ditambahkan yodium di dalamnya.

Cara Membuat garam dapur

loading...

Cara Membuat garam dapur | admin | 4.5